Connect with us

Berita

Gelar FGD, Polisi Minta Masyarakat Jaga Kamtibmas Jelang Nataru

alam menyambut perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Polres Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung ingin memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Published

on

Foto bersama narasumber dengan para peserta FGD Kamtibmas menjelang Nataru di di Aula Anton Sujarwo, Polsek Taman Sari, Rabu (15/12/2021)

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Dalam menyambut perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Polres Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung ingin memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Satu upaya yang dilakukan di antaranya menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan Satuan Pengamanan (Satpam) yang ada di Kota Pangkalpinang. Kegiatan tersebut digelar di Aula Anton Sujarwo, Polsek Taman Sari, Rabu (15/12/2021).

Kapolres Pangkalpinang AKBP Dwi Budi Murtiono, melalui Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat Iptu Hardi mengatakan, Satpam sebagai mitra Polri, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan elemen masyarakat memiliki peran penting untuk mendukung Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) menjelang Nataru.

“Untuk itu saya mengajak seluruh elemen yang hadir disini, untuk bersama sama menjaga Harkamtibmas menjelang perayaan Natal dan pergantian Tahun,” kata dia.

Hardi berujar, menjelang Nataru masyarakat harus selektif dalam menerima informasi yang beredar di media sosial. Apalagi terkait isu-isu keagamaan hingga berita yang belum dapat dipastikan kebenarannya. Masyarakat harus cek dan ricek fakta berita tersebut sebelum membagikannya.

“Jangan mudah terprovokasi terhadap isu-isu atau berita bohong atau hoaks yang dapat menimbulkan kegaduhan, kecemasan bahkan keributan atau benturan di tengah-tengah masyarakat,” ujar Hardi.

Disamping itu, apabila terdapat konflik yang terjadi di masyarakat tokoh agama hingga tokoh masyarakat setempat harus segera menyelesaikan masalah tersebut. Jangan sampai permasalahan itu menjadi besar dan meluas sehingga berimbas kepada Kamtibmas menjelang Nataru.

“Oleh karena itu, segala bentuk gangguan jangan segan-segan untuk melakukan upaya-upaya. Seperti yang dibilang oleh Kapolri Jangan padamkan api ketika api itu besar, berarti kita padamkan api waktu kecil itu lebih gampang,” katanya.

Kendati begitu dia meminta, masyarakat untuk tetap menjaga Kamtibmas di Kota Pangkalpinang yang sampai saat ini masih berlangsung dengan baik menjelang Nataru. Selain itu, dalam masa pandemi Covid-19 saat ini diharapkan masyarakat tetap mengedepankan disiplin protokol kesehatan hal ini untuk mencegah terjadinya klaster baru.

“Saya mohon, kita ciptakan Kota Pangkalpinang ini dalam keadaan aman, tertib dan masyarakat bisa hidup nyaman menjelang perayaan natal dan tahun baru, sehingga mereka bisa beraktivitas dengan baik, beribadah ke masjid, ke gereja, ke pura itu aman,” kata Hardi. (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)


Sumber : Bangkapos.com

Official Social Media - Sahabat Polisi Indonesia
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *