Connect with us

Berita

Cegah Pemalsuan Surat PCR dan Antigen di Pelabuhan Samarinda saat Nataru, Polisi Perketat Pengawasan

Peningkatan jumlah penumpang diprediksi bakal terjadi jelang Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Samarinda, Kalimantan Timur.

Published

on

Personel Polsek Kawasan Pelabuhan (KP) Samarinda bersama unsur maritim lain saat mengecek dokumen penumpang kapal beberapa waktu lalu. TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD FAIROUSSANIY

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA – Peningkatan jumlah penumpang diprediksi bakal terjadi jelang Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Samarinda, Kalimantan Timur.

Tentunya unsur maritim termasuk pihak kepolisian mengantisipasi padatnya penumpang yang akan masuk ke kapal.

Pos pengamanan yang sudah berdiri juga siap memberikan pelayanan serta mengantisipasi hal yang force majure, termasuk upaya pemalsuan dokumen perjalanan.

Selain mematuhi protokol kesehatan ketat, dokumen perjalanan seperti Surat PCR dan Antigen serta surat vaksin menjadi syarat mutlak.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan (KP) Samarinda, Kompol Angga Indarta mengatakan pos pengamanan diisi personel Polsek KP Samarinda selama 12 jam.

Terbagi dalam dua shift dan di pos pihak kepolisian berusaha untuk mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat.

Pihaknya juga menyiapkan personel di pos pelayanan terpadu angkutan di area pelabuhan. 

Pos berdiri guna mengantisipasi tindakan kriminalitas, baik itu kedatangan atau kepergian penumpang melalui Pelabuhan Samarinda.

Tentunya bersama personel unsur maritim lain di kawasan Pelabuhan Samarinda.

“Sebanyak 40 personel yang bertugas secara bergantian kami siagakan di pos tersebut. Tentu kami optimalkan pada pelayanan, utamanya bagi masyarakat yang membutuhkan informasi,” tegas Kompol Angga Indarta.

Kepolisian juga telah menyediakan 4 unit kapal speedboat, selain melakukan patroli di perairan Sungai Mahakam Samarinda, tidak hanya di pos pengamanan. 

Patroli di air, akan dilakukan Polsek KP juga bersama dengan unsur maritim lain.

“Hal ini dilakukan mencegah kejadian yang tak diinginkan. Salah satunya jika ada indikasi pemalsuan swab antigen atau PCR, silahkan lapor kepada kami agar dapat kami tindaklanjuti,” terang Kompol Angga Indarta.

Kepadatan penumpang diprediksi baru akan terjadi di tanggal 21 hingga 23 Desember 2021, hari ini. “Prediksinya kepadatan penumpang kemungkinan di atas tanggal 20,” ucap Kompol Angga Indarta.


Sumber :Tribunkaltim.co

Official Social Media - Sahabat Polisi Indonesia
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *