Connect with us

Berita

Polisi Berharap Ajang Drag Race Bisa Hapus Balap Liar di Jakarta

Fenomena balap liar yang belakangan meresahkan akhirnya mulai difasilitasi oleh Polda Metro Jaya dan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Published

on

© Disediakan oleh Kompas.com Kejuaraan Nasional Balap Motor bertajuk Oneprix - Indonesia Motorprix Championship (IMC).

JAKARTA, KOMPAS.com – Fenomena balap liar yang belakangan meresahkan akhirnya mulai difasilitasi oleh Polda Metro Jaya dan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Hasilnya, menyepakati kegiatan drag race yang akan berlangsung di kawasan Ancol, Jakarta Utara, 15 Januari 2022 mendatang.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, ajang drag race itu diharapkan dapat mengubah stigma terhadap balap liar dan menghapus aksi balap liar yang berada di Jakarta.

“Tujuan utama atau goals-nya adalah kita berupaya dengan event seperti ini dan menyiapkan lokasi mereka ini agar bisa menghilangkan dan meminimalisir pelaksanaan balap liar di jalan sehingga dengan mewadahi mereka di satu tempat faktor safety-nya bisa kita tingkatkan,” ucap Sambodo dikutip dari NTMC Polri, Rabu (22/12/2021).

Sambodo melanjutkan, tujuan yang kedua adalah mentransformasi ajang balap liar yang tadinya mengganggu ketertiban lalu lintas, menjadi lebih tertib, safety dan terkendali.

“Tentu ini bisa meningkatkan kualitas balapan sehingga siapa tahu di antara para pembalap ini bisa menjadi talent yang bisa membawa nama Indonesia di kancah internasional,” kata dia.

Sebelumnya, Sambodo mengaku telah menerima tiap aspirasi para pembalap jalanan. Para pembalap jalanan itu menyepakati wacana balapan tersebut dengan konsep drag race.

“Ini kan baru first step dan disepakati drag race. Jadi kita cari trek yang lurus apakah 200 meter, apa 420 meter atau 500 meter,” ujarnya.

Selain di Ancol, ada sejumlah opsi lain yang masih dipertimbangkan untuk lokasi ajang drag race ini, yakni Kemayoran dan BSD. Sementara dua lokasi lainnya yang masuk dalam kriteria adalah kawasan PIK 2 dan TMII.


Sumber : Kompas.com

Official Social Media - Sahabat Polisi Indonesia
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *